Garut menjadi daerah yang kaya akan potensi wisata dengan berbagai destinasi seperti pegunungan, pantai, serta budaya.

Hal ini juga sesuai dengan julukan-nya yaitu kota GURILAPS, singkatan dari kota gunung, rimba, laut dan pantai, seni budaya.

Dan dari hal ini juga kenapa Garut menjadi salah satu tujuan wisata yang potensial.

Namun selain menjadi kota dengan destinasi wisata yang beraneka ragam, Garut juga dikenal karena memiliki oleh-oleh yang khas.

Mau tau seperti apa saja oleh-oleh tersebut? Berikut ini merupakan diantaranya. Selamat membaca.

Oleh – Oleh Khas Garut

1. Burayot

View this post on Instagram

. Annyeong . Oleh oleh garut, bukan hanya terkenal sama dodol garut, atau dorokdok nya. Ada salah satu khas makanan garut, rasa nya manis terbuat dari tepung beras d campur sama gula merah. Mungkin buat sebagian orang penganan yg satu ini kurang femes.. Atau kurang d minati.. Apalagi.. Anak zaman now mungkin Gak bakal tau sama penganan garutt yg satu ini Ok, salah satu penganan khas garut ini namanya "BURAYOT" ENSIKLOPEDIA KULINER; BURAYOT di ambil dalam bahasa sunda yg kalo di artikan ke bahasa indonesia, yaitu" MENGGELANTUNG. burayot/ngaburayot, ini terbuat dari tepung beras sama gula merah. Kenapa d sebut burayot? Itu d ambil dari cara mengolah penganan ini, yang pada saat di goreng setengah jalan, si adonan nya di angkat, maka terbentuklah BURAYOT yang menggelantung seperti buah pir kalo minho bilang.. Hehhehe Nah, buat kalian yg lagi atau mau ke garut, penganam yg satu ini enak buat oleh oleh. Enak nya itu d makan anget anget. Beuh.. Endol ngeunahhhhh pisan.. 😍😍😍😍. Salah satu sentra pembuatan burayot di garut kalian bisa temukan di daerah LELES. nah, udah tau kan BURAYOT itu apa… Hopely penjelasan minho ngebantu kalian buat lebih mengenal kuliner KHAS NUSANTARA . In frame; Burayot by @burayot_simadu . #burayot #burayotsimadu #oleholehgarut #oleholehbandung #dodolgarut #kulinergarut #kulinernusantara #kuenusantara #kuetradisional #kulinerkhasgarut #garutkota #exploregarut #garutcity #kulinerbandung #kulinerindonesia #kuejadul #kueenak #jadul #lfl #foods #lfl #jalanjajanminho

A post shared by MINHO #jalanjajanminho (@jalanjajan_minho) on

PenjualBURAYOT THE LEGENDARY COOKIES
Lokasijl cipanas baru,samping racik desa belakang alfa midi, Pananjung, Tarogong kaler, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka
HargaRp18.000-Rp24.000

Asep Buddy Mulyono

Pulang dari sabda alam mampir kesini, tempatnya ga terlalu besar, tapi begitu coba tu kue burayotnya, uhhh mantap abiss.. Jadi pengen lagi, kue burayotnya ukuran kecil, dan dibuat menarik tentunya dengan adonan dan pembuatan yang profesional, sshingga nikmat dan berkelas, pokoknya ga akan menyesal beli kue burayot khas garut disini. Mantap abis, dan ga akan tersisa, semuanya habis sekejap… Terima kasih yaah,… Topp markotop….. 

2. Chocodot

PenjualChocodot World
LokasiJl. Siliwangi, Regol, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka07.00-21.00
Harga

dwi audit

Dulu tahun baru 2015 kesini klo ga salah namanya chocodot indonesia.. skrg awal 2020 namanya chocodot world.. tempatnya asik, bersih, lucu juga, yg jaga juga lucu, hahaha..  Harga ya relatif ada yg 15rbuan juga.. rasa banyak. Buat ngerjain temen kasih coklat yg pedes, berasa coklat di kasih sambel ulek wkwk.. cocok lah klo ke garut nyari oleh2 coklat.. dulu beli gantungan kunci jg yg model coklat gitu..

3. Cipuk

Penjualcipuk bandung
LokasiKomp. Riung Bandung, Jl. Riung Purna I No.2, Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka08.00-17.00 (Sabtu-Minggu Tutup)
Harga

Ari Harya

cipuk akronim dari aci kurupuk, masih sepupuan dengan cireng, cilok, cimol. Soal rasa, mantap

4. Dodol

PenjualPicnic Dodol Garut
LokasiJl. Pasundan No.102, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka08.30-14.00 (Minggu Tutup)
HargaRp15.000-Rp61.000

Reni Resdianti

Bersih, rapi dan nyaman tempatnya. Kami rombongan warga RW30 Perumahan Pharmindo, Cimahi Selatan melakukan kunjungan ke tempat ini beberapa hari yang lalu.

5. Dorokdok

PenjualToko Oleh-Oleh Khas Garut
LokasiTanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka08.00-23.00
HargaRp24.000

Mia Sukmiati

Menyenangkan beli segala keperluan oleh2 Garut lengkap disini ada kerupuk kulit, dorokdok, dodol, wajit, nasinliwet instant, chocodot, dan sajabana.. harga lumayan lah.. namanya jg tempat oleh2.. cuma kasirnya antreeee banget apalagi bareng pas rombongan bis

6. Endog Lewo

Penjual
Lokasi
Jam Buka
Harga

Endog Lewo atau emplod merupakan cemilan khas Garut yang terbuat dari singkong. Untuk menemukan cemilan ini Anda dapat langsung menuju ke tempat produksinya yaitu berada di daerah Desa Sukajaya Kecamatan Malangbong.

7. Jeruk Garut

PenjualKebun Edukasi EPTILU
LokasiJalan Raya Cikajang KM. 24, Mekarsari, Cikajang, Mekarsari, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka09.00-17.00
HargaRp20.000/kg

S P

Sensasi makan di kebun jeruk nih guysss… Bisa petik buah jeruknya langsung juga dan boleh langsung dikonsumsinya juga tapi jangan lupa ditimbang dulu ya guysss. Untuk mencapai lokasi makan harus jalan kaki dari tempat parkir (sekitar 150 meter). Menu andalannya nasi liwet, ayam goreng, dan aneka ikan. Minumnya jus buah-buahan. Kripik kentangnya cusss abis..

8. Kerupuk RO

Penjual
Lokasi
Jam Buka
Harga

Kerupuk RO (Kerupuk er-o) merupakan kerupuk rengginan oyek yang semakin langkah keberadaanya. Tapi kalau mau, Anda dapat menemukan Kerupuk RO di Kecamatan Kadungora selaku tempat produksi.

9. Kue Balok

PenjualKue Balok Q Anom Rancabango
LokasiJl. Rancabango, Langensari, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka09.00-20.30 (Minggu Tutup)
Harga

Albert Wijaya

Kue balok terenak di garut. Asli bikin di rumah, bisa langsung liat.. Makan selagi hangat cokelat nya meleleh. Ada dua rasa , coklat dan red velvet. Tidak ada plang penunjuk nya, mesti tanya warga. Lokasi nya masuk ke dalam. Rasa enak.harga murahlah. Mantap pokok nya.. Bisa buat oleh oleh pulang juga

10. Ladu Garut

Penjual
Lokasi
Jam Buka
Harga

Nampak asing dan lebih mengarah ke makanan khas India, tapi Garut memang memiliki Ladu khas yang bernama Ladu Malangbong. Untuk mendapatkan Ladu Malangbong kalian dapat menuju ke tempat produksinya langsung yaitu daerah Malangbong atau ke tempat oleh-oleh Garut.

11. Opak

PenjualToko Oleh-Oleh Khas Garut
LokasiTanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam Buka08.00-23.00
Harga

sri handajanik

Opak manis..krupukkulir sapi…kembang goyang

Akhir Kata

Jadi itulah berbagai oleh-oleh khas Garut yang dapat Anda jadikan buah tangan untuk orang rumah.

Dari sekian oleh-oleh tersebut saya rasa cukup serta dapat membuat wisata Anda semakin lengkap dengan berbagai makanan tersebut.

Taufiq
Seseorang sangat hobi travelling untuk menikmati ciptaan tuhan yang luar biasa.