Keberagaman di Indonesia tidak hanya berlaku pada budaya dan orang nya, tapi untuk makanan yang ada di Indonesia juga beragam dari satu daerah dan daerah lain.

Dan karena hal ini jika Anda berkunjung ke suatu daerah jangan sampai melewatkan untuk mencicipi masakannya, terlebih jika daerah yang dikunjungi adalah Tegal.

Kalau dikatakan Tegal merupakan tempatnya wisata kuliner dengan aneka ragam masakannya, mungkin banyak pendapat yang mengatakan kalau daerah lain juga demikian banyak makanan khasnya.

Memang benar setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas makanannya sendiri, tapi khusus untuk Tegal berbeda kalau ingin tau seperti apa ketahui saja dibawah ini.

Makanan Khas Tegal

1. Blendung

Penjualpasar tradisional
Lokasi
Jam Buka
Harga

Blendung merupakan salah satu makanan khas jawa tengah yang terbuat dari jagung dengan parutan kelapa dan sedikit garam.  

Untuk sekarang ini penjual Blendung sudah berkurang, tapi kalau mau menikmati Blendung cari saja di pasar tradisional.

2. Glotak

Penjualpasar tradisional
Lokasi
Jam Buka– (biasanya ada di bulan puasa)
HargaRp3.000-Rp5.000

Mungkin belum banyak yang tahu mengenai Glotak, Glotak ialah makanan khas tegal yang dibuat dari degan (kelapa muda) serta tempe gembus.

Meskipun Glotak menjadi makanan khas tapi untuk menemukan penjual Glotak sangatlah sulit, kecuali di pasar tradisional atau waktu bulan puasa.

3. Kemronyos

View this post on Instagram

#satekambing#kemronyos#mantaabbbb 👍🏻

A post shared by Irma Susanti (@irma_identix) on

PenjualSate Kambing Tegal Kemronyos
LokasiJl. Puri Anjasmoro Raya No.mor 38, Karangayu, Kec. Semarang Barat
Jam Buka11.00-21.00
HargaRp25.000-Rp50.000

Kemronyos dapat diartikan seperti kepedasan tiada henti, nah kalau Kemronyos khas tegal merupakan sate kambing dengan kepedasan yang bikin semua orang menjadi Kemronyos.

4. Ketupat Blengong

PenjualKupat Blengong Mas Diryono
LokasiKraton, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal
Jam Buka15.00-21.30
HargaRp15.000-Rp25.000

Ketupat Blengong seperti makanan ketupat pada umumnya, seperti ketupat yang menggantikan nasi untuk opor atau sate.

Hanya saja yang membedakan Ketupat Blengong adalah Blengong nya yang merupakan hewan hasil kawin silang antara itik betina dan entok jantan.

5. Kupat Bongkok

PenjualKupat Bongkok Bu Isah
LokasiJl. Pemuda, Mintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal
Jam Buka07.00-12.00
HargaRp7.000

Kupat Bongkok menjadi makanan mengenyangkan dengan satu porsinya terdiri dari lontong, mi kenyol, kare tempe dan taoge.

Dan untuk Anda yang mencari kuliner mengenyangkan maka Kupat Bongkok merupakan pilihan yang tepat dan salat satu penjual yang dikenal enak Kupat Bongkok nya adalah Bu Isah.

6. Kupat Glabed

View this post on Instagram

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal . . Perkenalanku dg kupat glabed dan sate kerang terbilang unik. Aku yang jarang makan seafood, krn ga suka amis jd sangat pemilih perihal makanan. Jd pas adekku nawarin nyicip kupat glabed plus sate kerang ini di festival kuliner Tegal, kubilang sm dia, "Aku mau coba makanannya tapi sepiring berdua yaa." Wkwk. Ini pelit apa medit sih sebenernya haha. 😂 jadilah dia ngantri beli kupat, lalu mengangsurkan piringnya ke hadapanku. "Enak kok. Cobain mb Ki." . . Aku mengambil satu tusuk sate kerang, menyisihkan tusuk sate dg cepat, lalu mencampur sate kerang itu ke dalam kupat. Kuaduk bumbunya agar merata karena ga mau nanti baunya amis. Wkwk. Selepas itu aku menyendok ketupat beserta sate kerang itu, memasukkannya ke dalam mulut, mengunyahnya perlahan, berharap rasanya sesuai ekspektasi. Dan yaaaakk… beneran enaaakk. Hahaha 😂😂😂 . . Dalam waktu singkat, seporsi kupat glabed tandas. Kubilang sm adekku, "Beli lagi gih. Mumpung masih di sini." Trus dia ngider nyari stand yang jual, dan… enggg… kehabisan dong. Wkwk. Ternyata kupat ini laris banget, kuliner satu ini jd primadona di festival kuliner Tegal. Gegara itu aku jd ketagihan buat nyicipin kupat glabed tiap main ke balaikota lawas di hari minggu. Hyaaa, gitulah kl pemilih. Tak kenal maka tak sayang. Kl udah kenal ya makan mulu 😝 Km udah pernah cobain kupat glabed ini? 😋 . . 📍Kupat Glabed Balaikota Lawas Tegal 💰Kupat 8 rb 💰Es teh 3 rb 💰Sate 3 rb/tusuk . . . #wisatategal #kulinertegal #kupatglabedtegal #tegalhits #tegalculinary #kupatglabed #satekerang #estehmanis #wonderfullindonesia

A post shared by Ila Rizky | Travel Blogger (@ilarizky) on

PenjualKupat Glabed Randugunting
LokasiRandugunting, Kec. Tegal Sel., Kota Tegal
Jam Buka17.30-22.00 (Senin Tutup)
HargaKupat Glabed Rp9.000 & Sate Rp3.000/tusuk

Kupat Glabed sajian opor khas tegal dengan ciri khas kuah kuning kental atau disebut Glabed.

Dalam satu porsi Kupat Glabed biasanya terdapat berbagai bahan dengan taburan kerupuk kuning yang menjadi ciri khasnya.

7. Nasi Lengko

PenjualRumah Makan Bu Tuty Toyo
LokasiJl. Tentara Pelajar, Slerok, Kec. Tegal Timur
Jam Buka05.30-15.00
Harga

Saat berkunjung ke daerah pantai utara jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan Nasi Lengko atau Sega Lengko.

Nasi Lengko merupakan makanan khas daerah pantai utara termasuk tegal dengan berbagai bahan menyehatkan non-hewani.

Dan dalam satu piring Nasi Lengko biasanya terdiri nasi putih, tempe & tahu goreng, mentimun, tauge, daun kucai, bawang goreng, kemudian disiram dengan bumbu kacang serta kecap manis encer.

8. Nasi Ponggol

PenjualRumah Makan Bu Tuty Toyo
LokasiJl. Tentara Pelajar, Slerok, Kec. Tegal Timur
Jam Buka05.30-15.00
Harga

Walaupun kecil dan sedikit, tapi bagi masyarakat Tegal Nasi Ponggol menjadi menu sarapan sehari-hari.

Ciri khas dari Nasi Ponggol adalah nasi dengan lauk sambal goreng tempe yang dibungkus dengan daun pisang.

9. Ponggol Setan

PenjualPonggol Setan Ibu Kusniroh
LokasiJl. Kemuning No.01, Kejambon, Kec. Tegal Timur
Jam BukaBuka 24 jam
HargaRp5.000(dibawa pulang) & Rp6.000 (makan ditempat)

Yang doyan masakan pedas, maka saat Anda berkunjung ke Tegal jangan sampai untuk melewatkan Ponggol Setan.

Ponggol Setan menjadi makanan favorit dengan cita rasa pedas dari sambal goreng tempe.

Selain pedas, Ponggol Setan juga memiliki cita rasa gurih. Pokoknya wajib untuk Anda coba.

10. Rujak Teplak

PenjualRujak Teplak Toko Mitra Bu Kapsah
LokasiJl. Letjen. Suprapto No.77-89, Mintaragen, Kec. Tegal Barat
Jam Buka08.00-14.00 (Sabutu & Minggu Tutup)
HargaRp10.000

Rujak Teplak kalau diibaratkan merupakan rujak dengan berbahan dasar sayur-sayuran.

Dan yang menjadi ciri khas Rujak Teplak adalah bumbu nya yang terbuat dari singkong dengan berbagai bumbu yang dihaluskan.

11. Sate Batibul

PenjualSate Kambing Batibul Bang Awi
LokasiJl. MT. Haryono, Tegalsari, Kec. Tegal Barat
Jam Buka09.00-23.00
HargaRp42.000

Tegal mempunyai sate dengan ciri khas daging yang digunakan adalah kambing yang berumur dibawah 3 tahun.

Dalam satu tusuk Sate Batibul biasanya terdiri dari lemak, hati serta ginjal dengan ukuran yang sama.

12. Tahu Aci

PenjualTahu Murni Putra Nata Jaya
LokasiJl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur
Jam Buka09.00-20.00
HargaRp1.200/tahu

Tahu Aci merupakan makanan yang banyak menjadi favorit dengan cita rasa gurih dan renyah.

Tahu Aci dibuat dengan menggunakan tahu kuning yang dipotong menjadi 2 dan dibelah tengah tengah, kemudian diberi isian adonan dari tepung aci.

13. Tahu Pletok

PenjualTahu Murni Putra Nata Jaya
LokasiJl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur
Jam Buka09.00-20.00
HargaRp2.200/tahu

Tahu Pletok sama seperti tahu aci yang membedakan hanya pada bahan baku tahu kuning diganti dengan tahu kulit yang berwarna coklat.

Kalau dari segi isian serta bahan adonan sama seperti tahu aci yang dibentuk persegi dengan isian adonan aci.

Akhir Kata

Jadi itulah berbagai makanan khas tegal yang bisa anda cicipi kelezatan masakannya.

Selain mengetahui makanan khasnya, ketahui juga apa saja oleh-oleh khas tegal yang cocok dijadikan buah tangan untuk orang rumah.

Taufiq
Seseorang sangat hobi travelling untuk menikmati ciptaan tuhan yang luar biasa.