Tradisi dan budaya yang menjadi ciri khas dari suatu daerah merupakan suatu kebanggan bagi masyarakatnya.

Seperti di Palembang, dimana masyarakatnya sangat bangga dengan apa yang menjadi ciri khas dari daerahnya.

Dan itu tidak hanya berlaku pada budaya dan tradisinya, tapi apapun yang menjadi ciri khas Palembang.

Contohnya makanan, dimana makanan di Palembang sangat beragam dan mampu membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Dan diantara makanan tersebut seperti berikut ini.

Makanan Khas Palembang

1. Burgo

View this post on Instagram

Kepengen makan burgo palembang Bikin dewek be lah yo Dakatek ikan gabus pakek udang rebon lemak jugo 😁 Yang galak payo merapat 😄😄 Lemak nian 👌 . . Burgo salah satu makanan dari palembang berbentuk dadar yang digulung dari adonan tepung beras dan tapioka dipadu dengan kuah santan yang gurih 😍. . . Burgo palembang By @dellasuzura Bahan burgo 250 gram tepung beras 50 gram tepung tapioka 1 sdt garam 250ml air mendidih 500ml air biasa Minyak goreng secukupnya untuk olesan loyang bulat bisa juga pakai loyang persegi. Saya pake loyang bulat ukuran 18cm. . . Bahan kuah 50 gram udang rebon haluskan bisa diganti dengan ikan gabus 1500ml santan Seruas lengkuas geprek 3 lembar daun salam 1 batang sere geprek 1 sdt kaldu bubuk Garam dan gula secukupnya Bumbu halus 8 butir bawang merah 5 siung bawang putih 1 sdt ketumbar bubuk 3 butir kemiri Seruas kunyit Cara Campur tepung beras, tepung tapioka dan garam. Tuang sedikit demi sedikit air mendidih. Aduk rata. Tambahkan air biasa aduk rata dan saring. Panaskan kukusan dan olesi loyang bulat dengan minyak. Tuang adonan 1-2 sendok sayur (tipis-tipis saja) ke dalam loyang yang sudah dioles minyak kemudian kukus selama 3 menit. Angkat dan langsung gulung dengan bantuan spatula. Lakukan sampai adonan habis. Untuk kuah : Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan sere, daun salam dan lengkuas. Tuang santan beri garam,gula dan kaldu bubuk. Aduk hingga mendidih. Koreksi rasa. . . Penyajian : Potong potong burgo siram dengan kuah taburi dengan bawang goreng dan sajikan. . . #burgopalembang

A post shared by Della Suzura (@dellasuzura) on

PenjualWarkop H Madina
LokasiJl. Dr. M. Isa No.1116, Kuto Batu, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang
Jam Buka05.30-20.00
Harga

koko nata

Warung kopi H. Madina di dekat Pasar Kuto ini cukup banyak menyajikan makanan khas Palembang seperti celimpungan, burgo, laksan, ragit, aneka pempek, otak-otak, sate kerang dan lainnya. Sarapan di sini, siap-siap melonggarkan ikat pinggang. Harga cukup terjangkau. Kalau hari libur sebaiknya ke sini jam 6. Kalau jam 7, siap desak-desakan aja.

2. Celimpungan

View this post on Instagram

One of my favorite menu for lunch 😋 CELIMPUNGAN ala @silvialim18 . •Bahan pentol ikan: 300 gr daging ikan tenggiri, haluskan 4 siung bwg putih, haluskan 200 ml air dingin 1 butir telur 1.5 sdt garam 1 sdt gula 1/2 sdt merica 1 sdm minyak sayur 20 gr tepung terigu serbaguna 200 gr tepung sagu tani •Cara membuat: 1. Didihkan air, beri sedikit minyak dan garam. 2. Cara pembuatannya sama seperti membuat pempek/bakso pada umumnya. Jadi secara bertahap smua bahan diatas dicampur menjadi satu lalu diaduk rata hingga menjadi adonan. 3. Stelah itu bentuk dan rebus deh pentolnya hingga mengapung matang; angkat dan rendam sebentar ke dalam air es lalu tiriskan . •Bahan kuah santan: 1 lmbr daun jeruk, belah 2 buang tulang daunnya 1 btg sereh, geprek 2 lmbr daun salam 1 L air/sesuai selera 150 gr santan kental instant 1 sdm kaldu jamur bubuk/sesuai selera 1/2 sdt merica 1 sdt gula pasir Garam sesuai selera Minyak goreng secukupnya •Bumbu halus, blender jadi satu: 7 siung bwg merah 3 siung bwg putih 1/2 sdm ketumbar 3 bh kemiri Seruas kunyit •Cara masak: 1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dgn daun jeruk, sereh dan daun salam hingga wangi. 2. Masukkan air, beri kaldu jamur bubuk, gula, merica dan garam sesuai selera. Aduk rata dan masak hingga mendidih lalu masukkan santan kentalnya sambil sesekali diaduk biar tercampur rata. Jgn lupa icip dan koreksi rasanya. 3. Terakhir, masukkan pentol ikan rebusnya dan masak lagi hingga mendidih matang. Sajikan celimpungan dgn taburan bawang goreng. Enjoy! . . . . . . . . . . #silviafooddiary#silviacooking#doyancooking#berbagiresep#homemade#madewithlove#cooking#lunch#favorite#celimpungan#pentolikan#ikantenggiri#pempek#pempekbulat#pempekikantenggiri#fishcake#delicious#tasty#yummy#food#foodporn#foodie#photooftheday#instafood#instadaily#instagood#instalike#likeforlike#like4like#l4l

A post shared by SILVIA LIM (@silvialim18) on

PenjualWarkop H Madina
LokasiJl. Dr. M. Isa No.1116, Kuto Batu, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang
Jam Buka05.30-20.00
Harga

Alam Syah

Makanan tradisional khas Palembang semua ada disini, lezat, murah, harga terjangkau … Ada Ragit, Celimpungan, Laksan, Lakso, Gandus, pempek, otak2, bolu Koko, wajik, ketan kelapa, nasi minyak semua ada…. Pokoknya Top bgt….

3. Lakso

PenjualWarkop H Madina
LokasiJl. Dr. M. Isa No.1116, Kuto Batu, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang
Jam Buka05.30–20.00
Harga

Oemar Ichsan

rame banget di pagi hari, lemak nian kalau kata orang palembang. Pilihan makanan nya sangat beragam mulai dari kue talam ebi, laksan, burgo, nasi gemuk dan sebagainya.

4. Laksan

View this post on Instagram

Met lunch moms 😘 Bnyk yg blm tau dgn cemilan khas palembang satu ini pastinya. Ini laksan sejenis pempek pake kuah santan. Kalo bebikinan pempek ikannya hrs fresh ya moms, skrg simple tinggal order di @hantha.fish Daging ikan tenggiri yg sdh siap diolah, fresh dan asli ikan tenggiri tanpa campuran, info n order chat aja langsung ya 👉 @hantha.fish . . Resep laksan Bahan pempek 500 gr daging ikan tenggiri giling @hantha.fish 400 gr air 700 gr gr tepung tapioka/sagu Garam secukupnya Kaldu bubuk secukupnya Cara membuat 1. Campur ikan, air, garam dan kaldu bubuk aduk rata. 2. Masukkan tepung tapioka aduk rata dan bentuk lonjong pipih. 3. Rebus dlm air mendidih sampai matang. Kuah laksan Bahan 50 gr ebi rendam air panas 3 lembar daun jeruk 1lt santan dr 1 buah kelapa Bumbu halus 5 siung bawang merah 2 siung bawang putih 50 gr ebi dihaluskan 10 biji cabe merah 1 batang serai 1 ruas lengkuas 2 buah kemiri Cara membuat Tumis bumbu halus dgn santan (ambil yg kental) sampai layu. Tambahkan ebi dan daun jeruk, tumis sampai harum masukkan semua santan. Cemplungin pempek masak hingga mendidih agak lama. Laksan siap disajikan. . . Happy cooking 😍 #dapoermd #doyancooking #duniacooking #homemade #instafood #fotomasakan #sambelpete #shareresep #reseprumahan #foodporn #homemadelovers #homecooking #recipebyute #anekaresepkuedanmasakan #bakingcookingpemula #laksan #laksanpalembang #ute_laksan #ute_endorse #ute_pempek

A post shared by UTE (@uthinute) on

PenjualWarkop H Madina
LokasiJl. Dr. M. Isa No.1116, Kuto Batu, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang
Jam Buka05.30-20.00
Harga

Yulianti

Bagi masyarakat Palembang bisa mampir kesini untuk mendapatkan makanan Khas Palembang, mulai ikan pindang, pempek, ragit, burgo, makanan kecil lainnya, bisa untuk sarapan ataupun untuk berbuka.

5. Lenggang

PenjualPempek Candy
LokasiJl. Jend. Sudirman No.149/8, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang
Jam Buka07.30-22.00
HargaRp17.500-Rp20.000

Deena Asmaradhani

Nyobain pempek lenggang panggang di sini enak,kuah pempeknya juga enak pedesnya pas,asemnya pas,kekentalanny juga pas gak terlalu cair, harganya juga pas..

6. Mi Celor

PenjualMie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z.
LokasiJl. Merdeka No.54, Talang Semut, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang
Jam Buka06.00-17.00
HargaRp15.000

Nabila Nur Safha

Ini salah satu kuliner wajib banget kalau ke Palembang. Tempatnya nyaman, pelayanan sangat cepat, dan mie celornya memang terbaik��mienya yang besar ditambah kuah kental, bersantan, dan ada sedikit rasa udangnya. Tempat ini udah terkenal jadi jangan khawatir lagi soal rasa dan kualitasnya.

7. Model

PenjualPempek Candy
LokasiJl. Jend. Sudirman No.149/8, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang
Jam Buka07.30-22.00
HargaRp17.500

Johanna Ps72

Rasa pempek ,tekwan model dll ikannya tuh terasa banget ya guysss ,jadi buat kalian boleh mmpir kesini buat nyicipin pempek dll yaa.

8. Pempek

View this post on Instagram

[Pempek Lenjer] . I’ve been craving for pempek 🤤.. This Indonesian savoury fish cake, originated from Palembang, South Sumatra. Pempek is served with sweet, spicy and sour sauce called kuah cuko accompanied with noodles and diced cucumber. . Pempek lenjer recipe: 300 grams fish paste (store bought) 150 grams tapioca starch 25 grams plain flour 1 tablespoon salt Few dashes of white pepper powder 1/2 teaspoon garlic powder 1/2 teaspoon sugar 1 egg Water to boil + 1 tablespoon cooking oil Cooking oil for frying . Spicy, sweet & sour sauce (cuko): 300 grams palm sugar (gula melaka) 500ml water 1 teaspoon soaked dried shrimps. Drain the water & pound to refine. 5 cloves garlic, grated Crushed chili padi 1 tablespoon assam tamarind, remove seeds 1 tablespoon white vinegar 👉🏼 Put all ingredients in a pot and bring to boil, after boil, lower heat & simmer for another 30 minutes or Until sauce is reduced to prefered sweetness. Strain the sauce. . Garnish with: Yellow noodles, blanched & set aside Cucumbers, cut cubes Crushed Chili padi . Method of making pempek fish cake: 1. In a large bowl, combine fish paste, pepper, salt, sugar and egg, mix it well to combine with spatula or spoon. 2. Add in tapioca starch & plain flour gradually. Mix it to combine. Prepare a plate of tapioca starch for dusting, dust both hands and take a large pinch of dough, shape it like a cylinder. Continue until dough finish. 3. Meanwhile, Prepare a medium pot of water with a tablespoon of cooking oil to prevent sticking. Bring the water to boil. Drop in gently each fish cake into the boiling water. 4. Once the fish cake floats up, remove on a plate. Fish cake is ready to be fried. 5. Heat sufficient amounts of oil for frying. Fried each fish cake until golden brown, remove on paper towel. Slice the fish cake to bite size, served with crushed chili padi, yellow noddles, cucumbers & sauce. 6.Served immediately. *left over fish cakes that has not been fried & the sauce can be store in the freezer. . #pempek #pempekpalembang #indonesianfishcake #savouryfishcake #thegaring257 #sgeats #sgfoodie #indonesiandelicacy #traditionalpalembangfood #whati8today #misspolkadotrecipe

A post shared by Miss Polkadot (@miss_polkadot) on

PenjualPempek Candy
LokasiJl. Jend. Sudirman No.149/8, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang
Jam Buka07.30-22.00
HargaRp4.000-Rp22.500

Andy Lukman

Tempatnya satu blok dengan hotel anugerah, bersih dan nyaman, banyak pilihan pempek, kerupuk juga aneka suvenir khas palembang. Juga tersedia aneka makanan khas palembang (mei2 resto).

9. Pindang Patin

PenjualPempek Candy
LokasiJl. Jend. Sudirman No.149/8, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang
Jam Buka07.30-22.00
HargaRp35.000

Dzulviana Santoso

Pindang patin di pempek candy selalu jadi favorit , disajika  dlm keadaan panas dan kuah bumbu yg meresaap . Luar biasa

10. Tekwan

PenjualPempek Candy
LokasiJl. Jend. Sudirman No.149/8, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang
Jam Buka07.30-22.00
HargaRp17.500

mandewi mandewi

Tekwan dan es kacang merahnya enak. Gabung sama Resto Mei Mei yang juga menyajikan berbagai makanan khas Palembang.

Akhir Kata

Bagaimana baru taukah kalau Palembang ternyata memiliki sejumlah makanan khas yang tidak hanya Pempek saja.

Ada sejumlah makanan khas disana dan dapat ditemukan dengan mudah, kalau menurut Anda makanan mana yang ingin pertama kali dicoba.

Rafli
Seseorang sangat hobi travelling untuk menikmati ciptaan tuhan yang luar biasa.